Tulisan ini terinspirasi dari Tugas Micro teaching, RPP oh RPP, ini salah satu RPP yang dikumpulkan, kenapa diposting di blog?
kali aja ada yang butuh, atau ada yang mau belajar bikin RPP.hehe
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : XI IPS / I
Standar Kompetensi : Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan
fungsi dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 3.4 menggunakan turunan untuk menentukan
karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah.
Indikator :Menggunakan
turunan fungsi dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
Alokasi waktu : 1 x 25 menit (1 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
menggunakan turunan fungsi dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
B.
Materi Pelajaran
Turunan
1.
Panjang Lintasan
2.
Kecepatan
3.
Percepatan
C.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab,
ceramah, pemberian tugas.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
I. Pendahuluan
a.
Salam pembuka.
b.Mengingatkan
kembali tentang rumus jarak dalam pelajaran fisika
c.
Menjelaskan apa yang akan
dilakukan siswa pada pertemuan kali ini.
|
3 menit
|
II. Kegiatan
inti
· Guru
memberikan penjelasan mengenai panjang lintasan sebagai sebuah fungsi waktu t atau s = f(t).
· Guru
mengajak siswa untuk menemukan hubungan antara kecepatan gerak dari sebuah
benda dengan panjang lintasan.
· Guru
mengajak siswa menemukan hubungan antara percepatan dengan kecepatan.
Kemudian
guru mengajak siswa menemukan kembali hubungan percepatan dengan panjang
lintasan.
· Guru
memberikan latihan soal kepada siswa.
Soal yang diberikan yaitu:
Sebuah
benda bergerak sepanjang lintasan garis lurus. Panjang lintasan s (dalam meter) pada waktu t (dalam detik) dirumuskan dengan
s=f(t)=t^3-t
a)Tentukan
kecepatan dan percepatan benda sebagai fungsi waktu t.
b)
Hitunglah kecepatan dan percepatan
benda ketika t=3 detik.
· Guru
meminta siswa untuk mengerjakan secara pribadi kemudian meminta beberapa
siswa untuk menuliskan jawaban mereka di papan tulis dan menjelaskannya di
depan kelas.
|
17 menit
|
III. Penutup
a.
Guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan bersama-sama apa yang telah didapatkan dari pembahasan soal.
b.Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya
c.
Salam penutup
|
5 menit
|
E. Sumber
Belajar
1. Buku
Paket Matematika untuk SMA kelas XI Program Ilmu Sosial semester genap
2. Referensi
lain yang relevan.
Mengetahui,
Dosen Pembimbing
Drs.
A. Sardjana, M.Pd.
|
Yogyakarta , 11 Mei 2012
Praktikan,
Agnes
Christyati
|
niat po niat kie bu?
BalasHapusmpek rpp mbarang di lebok ne.
haha, sapa tau ada yang butuh
BalasHapus