RSS

Rabu, 30 Mei 2012

TUGAS WAJIB BIKIN 10 POSTINGAN

Bingung mau nulis apa tentang pendidikan, yaudah jadinya curhat-curhat ga penting. Dibaca boleeeeh, ga di baca juga ga masalah. Yang penting ada yang mau mampir ke blog ini.

Deket ujian makin numpuk tugasnya. Ya ngga siiiiih tem?
Pagi-pagi buta masih melek aja mantengin layar komputer, besok langsung kuliah pas ayam masih pada merem. Oh tuhaan, nasib ya nasib. Emang dasarnya mahasiswa angkatan tua, bercintanya cuma sama tugas kuliah.
Ga tanggung-tanggung, 7 dari 10 Mata Kuliah semester ini ngasih suport yang tinggi buat acara lembur beberapa hari terakhir. Ini akibatnya kalo tugas ngga dicicil dari jaman dulu.hahaha

Tugas kaya gini tu fungsinya buat ngukur kemampuan kita dan pemahaman kita. Kalo kita ngga ngerjain tugas, artinya cuma 2. Yang pertama, kita ga ngerti maksud tugasnya itu suruh diapain, atau yang ke dua, kita mualeees buat ngerjain.Walopun gitu, tugas harus tetep selesai. Ga peduli gimana caranya, yang penting HARUS SELESAI !!!

Sebagai calon guru * katanya* , kita harus bisa jadi teladan buat adek-adek kita. Kalo calon gurunya aja males, mau jadi apa PENDIDIKAN kita masa depannya?

*yang penting ada kata pendidikan, sesuai tema blog to? hehehe

Selasa, 29 Mei 2012

PAHLAWAN PENDIDIKAN

Mengenal pendidikan tak lepas dari tokoh yang berperan penting dibalik kisah pendidikan tersebut.
kalau ditanya anak jaman sekarang, belum tentu mereka mengenal Tokoh pendidikan Indonesia. Naah, kalau ada yang mau baca tulisan ini, di sini saya mau menjelaskan dari mana asal-usul bapak pendidikan Indonesia. Sebagai generasi muda, baiklah kita mengenal orang yang telah berjasa bagi pendidikan kita, yuk cap cus di simak ya :)

Sebenarnya Bapak pendidikan kita bernama ki Hajar Dewantara , beliau lahir di Yogyakarta tanggal 2 Mei 1889 yang sampai saat ini diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional. Terlahir sebagai keluarga kraton, beliau memiliki nama kebangsawanan yaitu Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Namun karena kerendahan hati beliau dan keinginan beliau untuk tetap dekat kepada masyarakat, maka pada usia 40 tahun beliau berganti nama menjadi ki Hajar Dewantara. Kepedulian Ki Hajar Dewantara pada masyarakat pribumi mendorongnya untuk mendirikan perguruan tinggi bernama Taman Siswa. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat pribumi mendapatkan pendidikan yang setara dengan para bangsawan.

Ki Hajar Dewantara pernah mengalami pengasingan pada masa pemerintahan Belanda. hal ini disebabkan kerena tulisannya yang berbunyi :
"Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang telah kita rampas sendiri kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Ide untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghina mereka, dan sekarang kita keruk pula kantongnya. Ayo teruskan saja penghinaan lahir dan batin itu! Kalau aku seorang Belanda, hal yang terutama menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku ialah kenyataan bahwa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu kegiatan yang tidak ada kepentingan sedikit pun baginya".
Karena tersinggung membaca tulisan tersebut akhirnya ki Hajar Dewantara diasingkan ke Pulau Bangka.

Ki hajar Dewantara memiliki semboyan pendidikan yang masih dikenal hingga sekarang yang berbunyi ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. ("di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan"). Beliau pernah mendapatkan gelar sebagai Menteri Pendidikan atas jasanya terhadap Indonesia.

Melihat perjuangan yang begitu sulit, baiklah kita sebagai kaum muda meneruskan perjuangan para leluhur agar tercipta kesejahteraan.
MERDEKAA hehehe ^^


Kamis, 24 Mei 2012

Contoh RPP Turunan Fungsi

Tulisan ini terinspirasi dari Tugas Micro teaching, RPP oh RPP, ini salah satu RPP yang dikumpulkan, kenapa diposting di blog?
kali aja ada yang butuh, atau ada yang mau belajar bikin RPP.hehe


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : XI IPS / I
Standar Kompetensi   : Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar       : 3.4 menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah.
Indikator                     :Menggunakan turunan fungsi dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.   
Alokasi waktu             : 1 x 25 menit (1 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menggunakan turunan fungsi dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
B.     Materi Pelajaran
Turunan
1.      Panjang Lintasan
2.      Kecepatan
3.      Percepatan
C.     Metode Pembelajaran
Tanya jawab, ceramah, pemberian tugas.
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi Waktu
 I.      Pendahuluan
a. Salam pembuka.
b.Mengingatkan kembali tentang rumus jarak dalam pelajaran fisika
c. Menjelaskan apa yang akan dilakukan siswa pada pertemuan kali ini.
3 menit
II.      Kegiatan inti
·   Guru memberikan penjelasan mengenai panjang lintasan sebagai sebuah fungsi waktu t atau s = f(t).
·   Guru mengajak siswa untuk menemukan hubungan antara kecepatan gerak dari sebuah benda dengan panjang lintasan.
·   Guru mengajak siswa menemukan hubungan antara percepatan dengan kecepatan.
Kemudian guru mengajak siswa menemukan kembali hubungan percepatan dengan panjang lintasan.
·   Guru memberikan latihan soal kepada siswa.
Soal yang diberikan yaitu:
Sebuah benda bergerak sepanjang lintasan garis lurus. Panjang lintasan s (dalam meter) pada waktu t (dalam detik) dirumuskan dengan  
s=f(t)=t^3-t

a)Tentukan kecepatan dan percepatan benda sebagai fungsi waktu t.
b)            Hitunglah kecepatan dan percepatan benda ketika t=3 detik.
·   Guru meminta siswa untuk mengerjakan secara pribadi kemudian meminta beberapa siswa untuk menuliskan jawaban mereka di papan tulis dan menjelaskannya di depan kelas.

17 menit
III.      Penutup
a. Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan bersama-sama apa yang telah didapatkan dari pembahasan soal.
b.Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya
c. Salam penutup
5 menit

E.     Sumber Belajar
1.      Buku Paket Matematika untuk SMA kelas XI Program Ilmu Sosial semester genap
2.      Referensi lain yang relevan.



Mengetahui,
Dosen Pembimbing




Drs. A. Sardjana, M.Pd.
Yogyakarta , 11 Mei  2012


Praktikan,




Agnes Christyati

Selasa, 22 Mei 2012

Fakta Unik Matematika

Matematika (dari bahasa Yunani: µa??µat??? - mathematiká) adalah studi besaran, struktur, ruang, relasi, perubahan, dan beraneka topik pola, bentuk, dan entitas. Para matematikawan mencari pola dan dimensi-dimensi kuantitatif lainnya, berkenaan dengan bilangan, ruang, ilmu pengetahuan alam, komputer, abstraksi imajiner, atau entitas-entitas lainnya.
Berikut ini merupakan salah satu contoh keunikan matematika.
selamat menyimak.

FAKTA 1 :


1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321


FAKTA 2 :

1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
123456789 x 9 +10= 1111111111


FAKTA 3 :

9 x 9 + 7 = 88
98 x 9 + 6 = 888
987 x 9 + 5 = 8888
9876 x 9 + 4 = 88888
98765 x 9 + 3 = 888888
987654 x 9 + 2 = 8888888
9876543 x 9 + 1 = 88888888
98765432 x 9 + 0 = 888888888


FAKTA 4 :

1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 =
12345678987654321


FAKTA 5 :

123456789 X 9 X 1 = 1111111101
123456789 X 9 X 2 = 2222222202
123456789 X 9 X 3 = 3333333303
dst....
 
Setelah melihat keunikan tersebut, apakah kalian masih berfikir bahwa matematika itu menyebalkan?
 tidak untuk sebagian orang. :)

Selasa, 15 Mei 2012

ciri-ciri orang pintar

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini,  tentulah kita bersosialisasi dengan berbagai macam spesies manusia. ada yang cantik, ganteng, tapi ada juga yang jeleknya amit-amit. Ada yang baik tapi ada juga yang kelewat sadis. Ada yang kurang pengetahuan tapi ada juga yang super duper pinter karna makan lemper. naaah di tulisan yang pertama ini, perkenankanlah saya khusus memaparkan secara lebih dalam mengenai ciri-ciri orang pintar.
  1. orang pinter itu biasanya pake kaca mata super tebel  



tuuuuh kan, dari mukanya aja keliatan banget kalo mas masnya yang itu pinter buangeet. kaca mata tebel menandakan kalau seseorang tu rajin membaca atau belajar lewat komputer. karena kelamaan temenan sama buku dan komputer makanya matanya jadi rusak. nih contoh mata yang udah rusak parah karena kelamaan baca buku+ belajar dari komputer.
2. ciri-ciri orang pinter yang kedua yaitu kemana- mana bawa buku banyak.

orang yang pinter biasanya banyak memakai buku sebagai sumber belajar. makanya pengetahuaanya banyak gara-gara kerjaannya baca buku terus. emang keliatannya keren sih kalau kemana-mana bawa buku banyak tapi jangan sampai jadi frustasi gara-gara pusing baca buku terus. nih contoh kasusnya

 iiiih, serem kan. bahkan sarapan pun masih ngemil buku.ckckckc.
miris liatnya

3.orang pinter biasanya matanya berkantong gara-gara belajar sampe pagi. tiap hari kaya gitu pasti matanya berkantong kan?

kalo yang ini, bisa di bilang punya mata berkantung gara-gara rajin belajar ga ya? hmmmmm

 

4. yang terakhir nih.
orang pinter biasanya minum tolak angin.


 
jadi kalo kalian nemuin teman dengan ciri-ciri seperti yang udah disebutin tadi, kalian bisa kenalan trus minta di ajarin itu yang namanya rumus-rumus integral. maksudnya sih biar ketularan pinternya.

sekian dan terimakasiiiiih :*

 
Copyright THING'S THAT I THINK 2009. Powered by Blogger.Wordpress Theme by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul Dudeja.